UU Pesantren Terbaru
Sumber Foto: Website Pesantren Gontor

Pondok  Pesantren, Dayah, Surau, Meunasah, atau sebutan lain yang  selanjutnya   disebut  Pesantren adalah lembaga yang berbasis masyarakat dan didirikan oleh perseorangan, yayasan, organisasi masyarakat Islam, dan/ atau masyarakat yang menanamkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah    Swt., menyemaikan akhlak mulia serta memegang teguh ajaran Islam rahmatan  lil'alamin yang tercermin dari sikap rendah hati, toleran, keseimbangan, moderat, dan nilai luhur bangsa Indonesia    lainnya melalui pendidikan, dakwah Islam, keteladanan, dan pemberdayaan masyarakat dalam kerangka   Negara  Kesatuan   Republik Indonesia.

Pendidikan Pesantren adalah pendidikan yang diselenggarakan oleh  Pesantren dan berada di lingkungan Pesantren dengan mengembangkan kurikulum sesuai dengan kekhasan Pesantren dengan berbasis kitab kuning atau dirasah islamiah dengan pola pendidikan muallimin.
Baca : Juknis Pembayaran Tunjangan Kinerja [TUKIN] Guru
Nah itu sekilas tentang pesantren yang tertuang dalam undang-undang nomor 18 tahun 2019 tentang pesantren. Ingin lihat lebih jauh tentang aturan perundang-undangan untuk pesantren terbaru yang dikeluarkan presiden Republik Indonesia ini. Penjelasan pada undang-undang nomor 18 Tahun 2019 secara rinci menjelaskan tentang :

  1. Ketentuan Umum Pesantren,
  2. Asas Tujuan dan Ruang Lingkup Pesantren,
  3. Pendirian dan Penyelenggaraan Pesantren,
  4. Pengelolaan Data dan Informasi Pesantren
  5. Pendanaan Pesantren
  6. Kerja Sama Pesantren
  7. Pertisipasi Masyarakat
  8. Ketentuan Peralihan
  9. Ketentuan Penutup

Untuk mengunduh file undang-undang silahkan buka preview pdf di bawah ini :



Untuk link downloadnya silahkan klik pad link di bawah ini :

Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 Tentang Pesantren - Google Drive