Membuat Blog di Blogger
Membuat Blog di Blogger

Tutorial Membuat Blog di Blogger Lengkap Dengan Gambar - Kita akan sama-sama belajar bagaimana cara membuat blog di blogger, kami akan jelaskan secara lengkap panduan disertai dengan gambar,  agar anda mudah memahami dan mengikutinya. Kenapa anda membutuhkan sebuah blog?, blog atau website gratis di blogger adalah media dimana anda bisa menyalurkan dan menuangkan  bakat menulis anda. Blog bisa diartikan sebagai wadah atau media yang di gunakan untuk menayangkan seluruh aktifitas dan kreatifitas anda baik dalam bentuk tulisan, gambar, audio maupun video.
Baca Juga : Mulai Ngeblog Dari Iseng Hingga Sukses Menghasilkan Uang
Sedangkan untuk topik blog, dapat anda tentukan sendiri, bisa anda gunakan untuk membuat blog pribadi (diary), atau blog tentang tutorial, blog berita (news) bahkan apa saja sesuai keinginan anda. Penyedia pembuatan blog gratis saat ini juga sangat banyak beredar, ini bisa anda coba antara lain blogger, wordpress, wix dan masih banyak lagi lainnya. Nah kali ini kita akan belajar cara membuat blog di platform blogger, ikuti pedoman lengkapnya :

Sebelum melanjutkan ke tahapan untuk membuat blog di blogger anda harus memiliki akun email bisa di gmail, yahoo dan lainnya. Jika belum memiliki akun gmail baca artikel saya tentang Sulit Buat Email Baru? Simak Cara Mudah Daftar Akun Gmail Di Google

Membuat Blog di Blogger

Langkah 1 - Masuk ke website penyedia pembuatan blog gratis dari Blogger. Selanjutnya pilih Create Your
Membuat Blog di Blogger

Langkah 2 - Masukkan alamat email anda yang masih aktif, kemudian masukkan sandi email pilih berikutnya untuk melanjutkan membuat blog

Membuat Blog di Blogger

Langkah 3 - Masukkan nama tampilan untuk Profil Blogger anda. Pilih Lanjutkan ke Blogger

Membuat Blog di Blogger

Langkah 4 - Pilih Blog Baru kemudian akan muncul Blog Baru silahkan pilih pilihan tersebut

Membuat Blog di Blogger

Langkah 5 - Masukkan Judul blog anda
Langkah 6 - Kemudian isi Alamat blog anda, alamat blog ini yang akan menjadi alamat link atau URL blog anda.
Langkah 7 - Pilih Tema blogger sesuai selera anda, ini bisa juga anda lakuka penggantian tampilan atau template setelah blog selesai di buat.
Langkah 8 - Pilih Buat Blog unntuk ke tahapan berikutnya
Baca Juga : 4 Keuntungan Beli Domain TLD Google Domains
Membuat Blog di Blogger

Langkah 9 - Jika anda ingin mencoba blog dengan membeli domain silahkan pilih telusuri namun untuk membuat blog gratisan anda wajib memilih Lain Kali untuk melanjutkan ke blog anda.

Sampai tahapan ke-9 di atas blog anda sudah siap di luncurkan. Nah namun sampai disitu anda belum membuat tulisan atau artikel, bagaimana caranya kita lanjut ke tahapan berkkutnya :
Baca Juga : Cara Beli Domain di Google Domains
Langkah 10 - Entri Baru untuk membuat postingan, jika anda memilih entri baru maka akan terbuka lembar kertas lerja yang bisa anda gunakan untuk membuat tulisan.

Membuat Blog di Blogger

Langkah 11 - Pada langkah ini terdapat menu yang nntinya anda gunakan untuk membuat dan memantau kinerja blog anda. Menu-menu tersebut antara lain :

  1. Postingan : Digunakan untuk membuat tulisan atau artikel
  2. Statistik : Menu ini dipakai untuk memantau perkembngan situs anda di blogger, mulai dari jumlah pengunjing, grafik pengunjung perhari, bulan hingga seluh pengunjung selama anda membuat blog. 
  3. Komentar : Pada menu komentar anda dapat melihat siapa saja dan berapa orang yang telah mengomentari tulisan anda. 
  4. Halaman : Pada menu halaman untuk membuat halaman statis di blog anda misalnya untuk membuat halaman kontak, arsip dan juga lainnya. 
  5. Tata Letak : Tata letak sendiri terdapat berbagai pilihan misalnya untuk membuat widget, mengatur letak, header blog dan berbagai fungsi lainnya. 
  6. Tema : Untuk pilihan tema berfungsi untuk mengganti tema atau template blog, mengedit HTML, CSS, dan berbagai script lainnya di HTML template. 
  7. Setelah : Setelan ini memiliki fungsi menu yang sangat banyak antara lain ; setelan dasar, Postingan, komentar dan berbagi, Bahasa dan performa, Preferensi penelusuran, lainnya dan setelan pengguna. Nanti kita akan bahas di postingan berikutnya.
Baca Juga : Cara Edit HTML Template Pada Dashboard Blogger Tampilan Baru
Langkah 12 - Untuk langkah ini sendiri digunakan untuk menuju ke tema dashboard blogger dengan tampilan baru. Blogger memang telah merilis tampilan barunya seperti postingan saya sebelumnya tentang Blogger Dashboard Tampilan Baru Kini Makin Spesifik.

Sampai disini semoga anda bisa mempraktekkannya untuk membuat blog pribadi anda di blogger dan itu tanpa biaya atau gratis.