Kisah 8 Tahun Ngeblog Diterima Adsense Hingga Payout Pertama
Kisah 8 Tahun Ngeblog Diterima Adsense Hingga Payout Pertama

Kisah 8 Tahun Ngeblog Diterima Adsense Hingga Payout Pertama - Dulu apa kalian pernah mendengar blog dengan nama sahupalashare? Itu blog pertama yang saya buat, dengan memanfaatkan layanan gratisan dari blogger, saya mulai membuat blog sahupalashare di tahun 2010. Sudah hampir 10 tahun yang lalu saya juga gak bisa mastiin tepatnya di bulan apa, lupa.. 😇

Terjun di dunia blogging dan masih menggunakan domain gratisan dari blogger, saya mencoba memulai ngeblog dengan tujuan untuk sekedar menyalurkan hobi menulis saja. Pada tahun-tahun awal saya juga belum paham tentang SEO, Domain, Template, dan masih banyak lagi istilah lainnya.

Motivasi Ngeblog Karena Google Adsense

Kalau saya boleh jujur hal awal hingga membuat saya serius ngeblog adalah saat mengenal Google Adsense. Siapa sih blogger yang tidak tergiur dengan keuntungan yang didapat dari adsense, ya termasuk saya. Bagi saya adsenselah sumber dari keseriusan saya untuk mendalami pengetahuan saya untuk ngeblog. Memang benar semua blogger menyarankan jangan ada ekspektasi untuk mendapat keuntungan dari blog namun hampir semua para blogger pasti tergiur dan termotivasi untuk serius ngeblog karena adsense, iya kan?

Memilih Menggunakan Domain Berbayar

Di awal tahun 2011 saya mulai pelan-pelan belajar tentang bagaimana mengoptimalkan blog agar dapat bersaing di pencarian google. Agar lebih optimal lagi saya mengambil keputusan untuk menggunakan domain berbayar atau Top Lavel Domain (TLD) tentunya masih menggunakan hosting gratis dari blogger, hanya menautkan domain dengan memanfaatkan name server.

Kisah 8 Tahun Ngeblog Diterima Adsense Hingga Payout Pertama
Layanan Penyedia Domain dan Hosting Berbayar

Domain yang saya beli saat itu adalah dengan memanfaatkan penyedia domain berbayar dari IDwebhost. Lumayanlah untuk pemula seperti saya. Selain mudah dan blog saya bisa tampil secara profesional dengan menggunakan domain .com wah saya lebih puas dan bisa tampil sedikit beken lah. Layanan dari IDwebhost memang sangat terjangkau buat saya yang saat itu masih belum memiliki pekerjaan tetap, hanya dengan kisaran harga 100.000 lebih per tahun itu bukan masalah buat kantong saya.

Jika anda ingin mendaftar dan dapat promo menarik, anda bisa menggunakan link afiliasi idwebhost saya pada pragraf di atas atau dengan klik pada banner di bawah ini.

Banner IDwebhost
Baca Juga : Cara Beli Domain di Google Domains
Dengan membeli domain TLD berbayar di IDwebhost saya mulai serius mengembangkan blog dengan terus menerbitkan artikel-artikel semenarik mungkin di blog sahupalashare. Dengan jumlah pengunjung yang mulai meningkat akhirnya saya mencoba peruntungan dengan mendaftarkan blog sahupalashare sebagai publisher di google adsense.

Kisah Ditolak dan Diterima Mendaftar Sebagai Publisher Google Adsense

Tahu gak sih berapa kali saya di tolak.? 10 kali pengajuan akun adsense sebagai penayang iklan, 10 kali juga saya mendapatkan kiriman email penolakan dari adsense. Sempat down sih, tapi dengan terus mencari informasi dan membaca testimoni beberapa blogger yang sukses dengan adsense, membuat saya tidak patah semangat untuk terus ngotot mendaftar adsense. Beberapa perbaikan pada blog saya lakukan dan sekali lagi mencoba melakukan pendaftaran adsense.

Kisah 8 Tahun Ngeblog Diterima Adsense Hingga Payout Pertama
Perkembangan Penghasilan Awal Adsense Blog Saya 

Akhirnya pada tahun 2014 blog saya bisa diterima menjadi publisher, betapa bahagianya saya saat itu.😎 Namun ada yang masih mengganjal saat itu, setelah diterima mendaftar adsense saya mengira akan langsung mendapatkan penghasilan, eh tahunya saya harus berusaha lagi agar iklan adsensenya bisa di klik pengunjung.
Baca Juga : Ditolak Terus Daftar Google Adsense Blog, Apa Sih Masalahnya?
Jumlah Pengunjung memang sangat berpengaruh terhadap penghasilan adsense. Wah, sudah keterima adsense malah masih ada lagi pekerjaan besar yang menunggu untuk mengumpulkan pengunjung sebanyak-banyaknya.

Payout Pertama Google Adsense

Usaha saya lakukan mulai tahun 2014 saya terus menulis, mulai belajar SEO dan cara menulis dan membuat artikel yang ramah di mesin pencari semua saya usahakan asalkan blog saya bisa menghasilkan uang. Perkembangan akun adsense selalu saya pantau, penghasilan mulai saya dapatkan sedikit demi sedikit.

Kisah 8 Tahun Ngeblog Diterima Adsense Hingga Payout Pertama
Screenshoot Payout Pertama Google Adsense

Bayangkan sob dari tahun 2010 saya baru keterima adsense di tahun 2014, itu jaraknya 4 tahun loh, lama banget ya.... Bukan hanya itu diterima adsense tahun 2014 dan akhirnya payout pertama saya dapatkan di tanggal 21 Maret 2018 sejumlah US$101,65, dan itu jaraknya 4 tahun juga. Waduh... gak nyangka total waktu yang saya habiskan untuk mendapatkan uang dengan adsense blog berjumlah 8 tahun. Untuk memikirkannya saja bisa lemas ini seluruh badan. 😍
Baca Juga : Teruji Cara Dapat 200 Dollar Dari Adsense Tiap Bulan

Kesimpulan 

Hingga hari ini saya masih terus belajar dan berusaha, persaingan blog saat ini semakin kompetitif dan untuk mewujudkan mimpi kita tidak boleh diam harus tetap berusaha itu kuncinya. Mengikuti perkembangan agar tidak ketinggalan karena google selalu merubah pedoman perambaannya. Usaha keras adalah kunci suksesnya sob, terus berusaha ya...!!