ikut lomba menulis blog competition
Lomba Menulis Blog - Blog Competition [Gambar Pixbay]

3 Penyebab Tidak Tertarik Ikut Lomba Blog Competition - Akhir-akhir ini memang sering saya menulusuri tentang beberapa kompetisi menulis blog. Mungkin jika mendengar berita tentang adanya kompetisi/lomba blog, para penulis blog ramai-ramai untuk mempersiapkan diri dan mengikutinya. Namun lain halnya dengan saya.

Untuk mengikuti lomba blog kita hanya memerlukan kemampuan menulis dan membuat artikel semenarik mungkin dan tentunya tanpa biaya. Beberpa kompetisi blog yang sempat saya pantau adalah :

  • Daftar Update Info Lomba Menulis Blog (Blog Competition) Terbaru :  

# Lomba Blog Domainnesia 

Dengan tema yang diusung "Digital Marketing Life Hacks", domainesia bahkan tidak tanggung-tanggung dan menyediakan hadiah fantastis yakni Rp. 25.000.000,-. Jika anda berminat masih ada kok peluang untuk mendaftar, soalnya untuk periode perlombaan masih diperpanjang hingga 30 November 2019.

Jika kalian berminat bisa langsung menuju TKP sob : Klik Disini

# Lomba Blog Rumahweb

Sama halnya dengan domainesia untuk rumahweb sendiri mengusung tema "Bagaimana Memanfaatkan Domain untuk Bisnis Anda?". Lomba ini juga masih berlangsung hingga 20 desember 2019. Berminat silahkan di coba sob. Rumahweb bahkan nggak tanggung-tanggung untuk menghadiahkan mereka yang memiliki kompetensi menulis, pengen tahu hadiahnya :

  • Juara 1: Rp. 3.000.000
  • Juara 2: Rp. 2.000.000
  • Juara 3: Rp. 1.000.000
  • Juara Favorit : Rp. 500.000

Jika anda berminat bisa langsung ke link lamanya sob : Klik Disini

Lantas kenapa omgeri tidak tertarik untuk mengikuti Lomba Menulis Blog (Blog Competition). Memang untuk penyedia kompetisi blog sangat beragam selain kedua penyedia lomba di atas, masih banyak lagi organisasi dan usaha besar yang menyelenggarakan lomba yang sama namun tentunya mengusung tema yang berbeda. Lantas apa alasannya saya tidak mau mngikuti kompetisi blog ya..? Ini ulasannya sob.

1.  Kesiapan dan Ketepatan Waktu Mengikuti Lomba Blog

Sebelum mengikuti kompetisi blog pastinya waktu menjadi faktor paling penting bagi penulis untuk menentukan kapan iya bisa menyelesaikan artikel. Pada dasarnya tenaga dan pikiran yang kita keluarkan benar-benar bisa mendatangkan hasil yang memuaskan. Persoalan waktu inilah yang menjadi indikator bagi saya untuk tidak terlibat dalam kompetisi blog tahun ini. Saya mendapatkan informasi tentang adanya kompetisi yang diadakan domainesia dan rumahweb telat setelah 3 minggu waktu kompetisi tersebut berakhir.
Baca Juga : Kisah 8 Tahun Ngeblog Diterima Adsense Hingga Payout Pertama
Dari segi waktu, bukan hal mudah bagi saya untuk menyelesaikan pekerjaan berat tersebut, karena prinsipnya mengikuti lomba kita harus menyalurkan seluruh tenaga dan pikiran untuk menghasilkan konten yang benar-benar memiliki kekuatan untuk bersaing. Nah buat anda yang memiliki ekspektasi besar untuk mengikuti kompetisi blog, pemanfaatan waktu harusnya bisa menjadi pertimbangan matang bagi anda.

2. Minimnya Penguasaan Materi dan Literatur 

Jangan pernah menganggap remeh poin kedua ini, jika anda tidak ingin sia-sia dalam mengikuti kompetisi blog. Beberapa tema yang diusung di atas kelihatannya mudah, namun untuk mengembangkan sebuah topik kedalam sebuah tulisan yang sempurna, kita memerlukan wawasan yang luas. Pengembangan tulisan tidak hanya memerlukan khayalan, melainkan kita memerlukan pengalaman, pengetahuan yang mendalam tentang tema atau topik yang akan dikembangkan. Penguasaan materi dan dibekali dengan berbagai referensi akan mudah bagi kita untuk menuangkannya dalam sebuah tulisan. Ini bisa menjadi kesiapan bagi anda yang ingin terjun langsung untuk mengikuti kompetisi blog.

3. Menghargai Hasil Dari Sebuah Proses 

Kiranya dapat menjadi tolak ukur bagi kita bahwasanya kompetisi blog tidak hanya merupakan perlombaan semata. Namun yang tak bisa kita pungkiri usaha dan kerja keras untuk berproses akan menjadi semangat untuk kita berpartisipasi. Kita tidak dapat menafikan, mengikuti lomba blog tujuannya adalah bisa memenangkan lomba dan tentunya menjadi juara. Nah dengan tujuan tersebut usaha semaksimal mungkin akan kita kerahkan untuk memulai berkompetisi. Tentunya kesiapan yang kita lakukan harus maksimal dan jika belum, maka itulah proses yang akan mendatangkan hasil yang tidak memuaskan.

4. Kesimpulan

Lantas apa alasan mendasar kenapa sampai saya tidak harus mengikuti lomba menulis blog (blog competition) yang diadakan Rumah Web dan Domainesia?

Kesiapan adalah faktor terpenting untuk dapat berhasil. Proses dengan rencana yang matang dan usaha yang keras, akan menuai hasil yang baik. Begitulah alasan dan penyebab saya tidak mengikuti kompetisi blog di tahun ini. Bagi anda yang ingin mencoba, ada baiknya terlebih dahulu melakukan persiapan yang matang. In Sya Allah kita akan berjumpa di kompetisi blog berikutnya.