HUT Kota Masohi
HUT Kota Masohi

HUT Kota Masohi Ke-62 Istighosah Kubro No Hura-Hura - Kemeriahan perayaan hari ulang tahun kota, hampir diseluruh Indonesia terkesan hura-hura dan menghabiskan anggaran daerah. Namun tidak sama halnya dengan perayaan HUT Kota Masohi, hari ulang tahun ke 62 kota Masohi tahun 2019 ini terlihat sedikit berbeda. Perayaan hari ulang tahun yang biasanya diisi dengan pameran, pesta rakyat disertai konser musik dan pesta kembang api nampaknya tidak terlihat dimalam puncak HUT kota Masohi.

Kemeriahan itu digantikan dengan Istighosah Kubro dan do'a untuk memohon ampun dan mengetuk pintu langit. Istighosah dikemas untuk meriahkan hut ke 62 kota Masohi. Acara HUT kota yang terkesan hura-hura memang lebih banyak mudhoratnya.

Istighosah ini bukan tanpa alasan, gempa yang melanda Maluku pada tanggal 26 September 2019 lalu, masih meninggalkan luka dan kesedihan yang mendalam. Istilah leluhur potong di kuku rasa didaging mungkin berlaku untuk kota Masohi, jika kerabat keluargamu sakit maka kamu juga ikut merasakan sakitnya. Kepedihan yang belum berlalu akibat gempa, menjadi alasan tepat untuk merubah agenda perayaan HUT Kota Masohi yang biasanya digelar secara meriah.

Jika ditelisik lebih jauh kegiatan yang sifatnya serimonial lebih membawa efek buruk dan juga banyak mengeluarkan biaya.

Jika setiap perayaan ulang tahun kota Masohi diisi dengan kegiatan sosial, selain meminimalisir biaya, juga bisa memberikan manfaat bagi masyarakat kota secara menyeluruh. Jika pemerintah kota Masohi mau merubah minset hut kota yang masih tiap tahun dirayakan dengan hura-hura, maka pasti kota Masohi akan menjadi daerah yang Baldatun Taibatun Warabbun Gofur.
Baca : HUT Kota Masohi ke-61
Istighosah Kubro dan do'a bersama atau kegiatan sosial lainnya yang melibatkan instansi terkait, itu malah bisa bersentuhan langsung dengan warga kota. Kemasan perayaan bisa berupa sunatan massal, pengobatan massal yang melibatkan dinas kesehatan atau bahkan kampanye kegiatan HUT lainnya sesuai bidang dan disiplin instansi lebih memberikan dampak positif, apalagi kegiatan sosialnya bersentuhan langsung dengan warga masyarakat kota Masohi.
Baca : 6 Spot Fotografi Kota Masohi Terbaik Keren Paling Hits
Semoga kedepan Hari Ulang Tahun (HUT) kota Masohi tidak lagi terkesan hura-hura, karena hakikat pemerintah adalah bekerja untuk melayani rakyatnya, semua kegiatan harus semata-mata demi kepentingan rakyat khususnya warga kota Masohi. Selamat Ultah Kotaku Tercinta Masohi Ke-62 semoga jadi daerah yang Baldatun Taibatun Warabbun Gofur. Amin, Wassalam...