Hanafi Rumatiga Gagas GELIMA Untuk Bangun Madrasah
Hanafi Rumatiga Gagas GELIMA Untuk Bangun Madrasah

Hanafi Rumatiga (Bapak Gelima). Yupmungkin panggilan tersebut layak disematkan kepada lelaki kelahiran Kilfura 07 Maret 1974 Kabupaten Seram Bagian Timur ini. Pria yang akrab di sapa HAN ini, sering kali tampil dengan gagasan dan ide yang cemerlang. Beberapa ide yang iya gagas, ternyata memiliki dampak yang patut untuk diacungi jempol dan pantas diapresiasi.

Sosok yang sederhana ini ternyata memiliki banyak ide dalam rangka pengembangan dan peningkatan kecerdasan generasi bangsa dimasa depan. Salah satu inovasi yang sedang iya gagas adalah melalui program yang iya namakan GELIMA (Gerakan Peduli Madrasah). Gerakan Peduli Madrasah merupakan gerakan sosial berupa penggalangan infaq Rp. 2.000,- yang dikumpulkan untuk selanjutnya diperuntukkan dalam rangkah membedah dan juga membangun gedung baru madrasah yang dinilai tidak layak untuk dijadikan sebagai fasilitas belajar mengajar. Hanafi berharap Gelima dapat memberi implikasi bagi pengembangan pendidikan khususnya di wialayah Maluku.
Baca Juga : HUT Kota Masohi Ke-62 Istighosah Kubro No Hura-Hura
Jabatan yang iya anggap amanah, sebagai Kepala Kemenag Kabupaten Maluku Tengah rupanya tidak iya sia-siakan. Dengan memanfaatkan kepemimpinannya, iya telah menggagas program Infaq Rp. 2.000,- pada seluruh sivitas Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tengah dengan tujuan untuk meningkatka kualitas pendidikan di Maluku dan diharapkan bisa menjadi program Nasional.
Baca Juga : Hanafi Rumatiga Jabat Kepala Kemenag Kabupaten Maluku Tengah
Hanafi juga ternyata diam-diam memantau dan mengidentifikasi masalah besar yang dihadapi masyatakan Maluku, keterbatasan fasilitas pendidikan dibawah standar kelayakan, membuat iya tak henti-hentinya berinovasi untuk menyelesaikan permasalahan yang iya anggap sangat urgen ini. Khusus untuk sekolah-sekolah dibawah Kementerian Agama baik madrasah swasta maupun negeri sangat memprihatinkan dan membutuhkan uluran tangan kita. Iyapun sangat paham bahwa salah satu indikator pengembangan pendidikan adalah sarana dan prasarana madrasah yang memadai.

Hadir dengan program inovasi Gerakan Peduli Madrasah ternyata telah membuahkan hasil, pembentukan tim Gelima dan saat ini telah dibangun 3 ruang belajar. Pembangun 3 ruang belajar ini berkonsentrasi di madrasah swasta yakni MTs Waitihisa yang berlokasi di Negeri Wailulu Kecamatan Seram Utara Barat. Pembangunan gedung baru juga melibatkan masyarakat, TNI dan Polri di Kecamatan Seram Utara Barat.
Baca Juga : Rapat Perdana Hanafi Rumatiga Dengan ASN Kemenag Malteng 
Hanafi berharap program tersebut tidak hanya di lakukan di Maluku Tengah melainkan dapat menjadi perhatian bagi pengambil kebijakan, untuk menjadikan Gelima sebagai program Nasional kedepannya. Iya berharap masalah kelayakan sarana dan prasarana pendidikan yang tidak memadai dapat teratasi.