Cara Ciptakan Backlik Berkualitas Sesuai Pedoman Search Consule
Cara Ciptakan Backlik Berkualitas Sesuai Pedoman Search Consule

Backlink menjadi indikator peringkat yang baik untuk blog. Penerapan backlink harus memperhatikan pedoman webmaster tools, upaya backlink yang baik jika dilakukan akan menghasilkan situs dengan reputasi terbaik hingga bisa berada di puncak pancarian google. Namun apakah penerapan backlink anda sudah sesuai dengan pedoman yang diinginkan...?.

Upaya backlink merupakan salah satu cara terbaik dalam menerapkan teknik Search Engine Optimasi (SEO) di website anda. Agar website anda benar-benar memenuhi pedoman google webmaster tools atau search consule maka kami akan membagikan cara terbaik bagi anda untuk menciptakan backlink yang baik yang sesuai dengan pedoman search counsule. Namunsebelum itu anda wajib tahu apa itu back link.

# Apa itu backlink? 

Backlink merupakan sumber penilaian terhadap kualitas website, backlink yang tertaut menggambarkan seberapa pentingnya blog sebagai rujukuan.
Baca : Mulai Ngeblog Dari Iseng Hingga Sukses Menghasilkan Uang
Backlink adalah link atau URL yang tertaut satu sama lainnya sehingga membentuk jaringan yang saling berhubungan.

Sumber backlink itu sendiri bisa berada di dalam situs maupun bisa mengarah keluar dan dari luar kedalam situs web anda. Namun untuk mengaplikasikan backlink, belum tentu mendapat penilaian sama satu situs  dengan lain. Kuantitas dari backlink juga tidak serta merta menjadikan situs anda bisa menguasai peringkat pencarian, ini yang seringkali disalah artikan.

# Backlink yang Melanggar Pedoman Webmaster

1. Melakukan Jual Beli Backlink

Pembelian link dan penjualan link dinilai akan berdampak buruk untuk situs atau website. Hindari artikel guestpost karena penyertaan link pada artikel yang anda kirimkan untuk diterbitkan di blog orang lain memiliki memiliki resiko buruk karena tidak sesuai pedoman skema link yang disyratkan oleh google webmaster.

2. Melakukan Penukaran Link / Tautan Berlebihan

Praktek ini sering dilakukan oleh banyak blog, saling menyematkan tautan ke situs masing-masing dinilai sebagai upaya backlink yang buruk. Kenapa tukar link dipandang buruk, karena saat pertukaran link atau tautan seringkali dilakukan dengan berlebihan. Anggapan banyak orang bahwa link yang tertaut akan memaksimalkan jaringan backlink nampaknya malah bisa berakibat bruk untuk blog. Kadang pemilik blog juga membuat laman khusus untuk tautan mitra yang menggambarkan tautan hasil negosiasi pertemanan dalam upaya peningkatan backlink dalam hal ini bertujuan untuk tingkatkan pagerank blog padahal upaya berlebihan itu malah dapat menurunkan peringkat di hasil penelusuran google.
Baca : Blogger Sukses Belajar SEO Bukanlah Faktor Utama

3. Menerima dan Menerbitkan Artikel dari Penulis Tamu

Banyak blog yang menerima penulis tamu di blognya, namun dengan tujuan memperbanyak topik di blog mereka. Jika ini dilakukan dengan tujuan untuk memperkaya dan memperbanyak kata kunci tidak apa-apa asalkan masih sesuai dengan topik dan kata kunci yang ada di blog anda. Kata kunci yang banyak juga dengan satu topik tidak apa-apa namun jika kata kunci keluar dari topik blog anda maka akan berdampak buruk bagi blog.

4. Upaya Membuat Link Menggunakan Software Otomatis Backlink

Sudah cukup banyak praktek kecurangan seperti ini dilakukan namun dimata google ini adalah bentuk manipulasi untuk mencari backlink yang berlebihan. Intinya anda harus sebatural mungkin menemuka backlink bukan berupaya mengadakan backlink yang terkesan dipaksakan.

5. Mewajibkan Pelanggan Menaruh Link Di Blog Sebagai Syarat 

Kadang karena kesulitan membangun backlink ada yang mencari tautan atau link dengan memberikan syarat atau perjanjian tertentu, dengan harapan pemilik konten yang diterbitkan dapat memberikan link keluar ke blog kita. Jalan ini juga akan berpengaruh buruk untuk kelangsungan blog anda.

# Solusi Membangun Backlink Sesuai Pedoman Google Webmaster Tools atau Search Consule

Google tidak memandang remeh soal backlik, adanya praktek - praktek memanipulasi backlink akan dianggap tidak mematuhi pedoman webmaster google untuk panduan yang disampaikan lewat laman skema link, sudah pasti praktek manipulasi tautan akan dinilai oleh google. Apa sumber penilaiannya ? Alat yang bernama google webmaster tools inilah yang akan bekerja maksimal untuk mengcrawl link.

Nah, agar backlink anda maksimal ikuti langkah berikut ini :

Konten adalah kunci utama, membuat konten secara baik dan relevan dengan sesuai topik blog yang anda usung. Dengan membuat konten yang relevan dan unik membuat pengunjung akan memberikan penilaian yang baik terkait reputasi blog anda, ini akan pertanda baik sehingga blog yang dikelola semakin berkembang dan populer.

Dengan Konten relevan atau sesuai topik blog maka dengan alami blog anda akan jadi rujukan. Jika anda memiliki konten lengkap maka blog lain yang memiliki topik yang sama akan memberikan tautan yang merujuk ke blog anda. Dan ini akan melahirkan backlink yang tentunya berkualitas tinggi.
Baca : Cara Merubah Tautan Permanen Link Postingan Blogspot [Lengkap]
Sekali lagi konten adalah senjata anda, jika anda telah membuat konten yang benar-benar bermanfaat maka akan membuka lebih luas lagi peluang untuk orang lain membuat tautan ke blog anda. Jika konten atau tulisan tidak membuat orang lain paham dan memahami masalah yang mereka hadapi sebaiknya konten anda jangan dipublikasi. Jika itu bermanfaat dan berguna bagi pembaca silahkan anda terbitkan di blog anda.