7 Menu Makanan Buka Puasa Sehat dan Bermanfaat
7 Menu Makanan Buka Puasa Sehat dan Bermanfaat

7 Menu Makanan Buka Puasa Sehat dan Bermanfaat - Waktu berbuka puasa mungkin menjadi waktu yang paling ditunggu-tunggu saat menjalankan ibadah puasa Ramadan. Setelah seharian menahan dahaga dan lapar, tentunya Anda ingin segera berbuka dengan menu buka puasa yang lezat, bukan?

Namun, seringkali saat berbuka, nafsu makan membludak dan ingin makan segalanya. Nah, supaya lebih terkendali dan lebih sehat, sediakan selalu menu buka puasa yang segar dan sehat agar tubuh tetap prima dan dapat menjalankan berbagai aktivitas, termasuk beribadah. Berikut beberapa menu buka puasa sehat yang bisa Anda hidangkan untuk keluarga tercinta.

1. Kurma

Kurma dapat menjadi pilihan menu buka puasa yang sehat dan praktis. Selain disunnahkan oleh Rasullullah SAW untuk menu berbuka puasa, buah yang satu ini menyimpan berbagai kandungan zat besi, gula alami, serat, dan mineral. Makanlah minimal 3 biji kurma untuk mengembalikan energi dalam tubuh setelah seharian berpuasa.

2. Oatmeal

Oatmeal memiliki kandungan yang kaya serat dan membuat rasa kenyang lebih cepat. Hal ini bagus untuk Anda konsumsi jika ingin melakukan diet. Tambahkan berbagai campuran buah-buah segar, madu, dan susu rendah lemak untuk membuat cita rasa semakin lezat. Semua itu bisa Anda gunakan untuk mendapatkan rasa yang lebih beragam.

3. Yoghurt

Yoghurt adalah minuman berbahan dasar susu yang mengandung banyak protein, mineral, dan vitamin, Yoghurt juga merupakan salah satu sumber probiotik atau bakteri baik. Probiotik sendiri dapat memberikan manfaat yang banyak bagi tubuh terutama dalam meningkatkan kesehatan pencernaan Anda ketika berpuasa.
Baca Juga : Suka Bermasalah Pada Kesehatan Lambung? Berikut Tips Agar Lambung Kamu Tetap Sehat

4. Alpukat

Buah alpukat memang telah dikenal memiliki beragam manfaat baik untuk tubuh. Alpukat mampu memenuhi vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh agar tidak kekurangan meski sedang berpuasa. Selain itu, alpukat juga rendah kalori karena memiliki kandungan gula yang sedikit sehingga sangat tepat dijadikan sebagai salah satu menu buka puasa yang sehat.

5. Kolak Biji Salak

Anda bisa membuat kolak biji salak untuk menu buka puasa sehat. Kandungan karbohidrat dari ubi mampu mengembalikan tenaga yang telah terkuras seharian selama berpuasa. Namun yang perlu diperhatikan adalah penggunaan gula dan santan karena dapat memicu kolesterol dan diabetes. Hindari penggunaan gula dan santan secara berlebihan, atau Anda dapat menggantinya dengan susu rendah lemak atau yoghurt agar lebih sehat.

6. Ikan Tuna

Selain rasanya yang gurih, ikan tuna sangat baik dikonsumsi sebagai menu buka puasa sehat karena banyak mengandung zat yang baik untuk tubuh, terutama bagi penderita hipertensi. Hal ini dikarenakan ikan tuna banyak mengandung asam lemak omega-3 yang berperan aktif mengatasi tekanan darah tinggi dan mencegah penyakit kardiovaskular.

7. Salad Sayur dan Buah

Sayur dan buah kaya akan vitamin dan serat. Selain dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, memilih sayur dan buah sebagai menu buka puasa dapat mengembalikan tenaga yang hilang. Dengan mengonsumsi sayur dan buah juga tidak akan membuat perut terasa begah. Membuat salad dengan campuran sayur dan buah sesuai selera juga membuat berbuka lebih menyenangkan.