Tips Agar Lambung Kamu Tetap Sehat
Tips Agar Lambung Kamu Tetap Sehat

Tips Agar Lambung Kamu Tetap Sehat - Lambung adalah bagian dari organ tubuh manusia yang memegang peranan sangat penting bagi manusia. Namun, dengan gaya hidup masyarakat zaman sekarang ini banyak yang tidak mempedulikan kesehatan lambung. Tak heran penyakit maag atau asam lambung kerap muncul dalam kehidupan sehari-hari. Agar lambung kamu tetap sehat yuk simak artikel berikut ini sampai habis!

1. Mengunyah Makanan Lebih Lama

Ketika lambung bekerja terlalu berat dalam melakukan proses pencernaan makanan yang kita konsumsi setiap harinya, hal itu akan menyebabkan dinding lambung menjadi sering terjadi pergesekan. Maka akibatnya adalah pada bagian dinding lambung bisa sakit dan terluka. Itulah gejala awal penderita penyakit lambung.

Agar kesehatan lambung tetap terjaga, kunyahlah lebih lama makanan yang dimakan dan biarkan hingga menjadi sangat lembut agar lebih mudah untuk dicerna. Hindarilah makan yang terlalu cepat dikunyah karena juga dapat mengakibatkan gejala bersendawa dan cegukan terus menerus.

2. Membiasakan Makan yang Teratur

Biasakanlah untuk selalu makan makanan secara teratur karena memiliki manfaat untuk kesehatan lambung kamu lho. Salah satunya ialah agar dapat memproduksi asam lambung yang berfungsi untuk melancarkan pencernaan. Adanya asam lambung dapat memudahkan makanan yang kamu konsumsi dicerna dan dilumatkan dalam lambung, kemudian akan diubah menjadi cairan dan dialirkan ke seluruh tubuh untuk diserap menjadi energi. Jika makanan yang masuk ke dalam tubuh berkurang, maka akan menyebabkan ketidakmampuan lambung dalam memproses makanan yang berakibat buruk pada kesehatan kamu.
Baca Juga : 7 Menu Makanan Buka Puasa Sehat dan Bermanfaat

3. Hindari Makan Secara Berlebihan

Tubuh manusia memiliki banyak macam jenis enzim yang membantu dalam melakukan proses pencernaan makanan. Bila jumlah makanan yang dimakan terlalu berlebihan, maka tubuh akan bekerja lebih keras untuk dapat memproduksi enzim-enzim yang berguna melakukan proses pencernaan makanan tersebut. Alhasil, kondisi itu dapat mengakibatkan gangguan pada kesehatan lambung kita yang ditandai dengan timbulnya rasa mulas, perut terasa begah, dan sebagainya.

4. Batasi Asupan Kafein

Kandungan asam yang tinggi pada kopi dan teh dapat menyebabkan kesempatan otot cincin kerongkongan (esophageal sphincter) untuk melemas menjadi berkurang dan memungkinkan asam lambung untuk naik ke mulut. Hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya refluks asam lambung. Sebaiknya kurangi dan batasilah asupan minuman yang mengandung kafein setiap harinya agar kesehatan lambung kamu tetap terjaga.