Penghentian Google+ API di Blogger, Widget dan Komentar Tidak Tersedia
Penghentian Google+ API di Blogger, Widget dan Komentar Tidak Tersedia 

Penghentian Google+ API di Blogger, Widget dan Komentar Tidak Tersedia - Jika di dashboar blogger anda muncul pesan seperti di bawah ini, tidak usah panik dan segera lakukan langkah-langkah antisipasi untuk menghindari terjadinya pengalihan atau penghapusan.

Tutorial Blog Lainnya : Trik Paling Ampuh Agar Blog Tidak Bisa di Copy Paste

  1. Sebagai tindak lanjut dari pengumuman penghentian Google+ API yang dijadwalkan akan dilakukan pada Maret 2019, sejumlah perubahan akan dilakukan pada integrasi Google+ di Blogger pada 4 Februari 2019.
  2. Widget Google+: Dukungan untuk widget “Tombol +1”, “Pengikut Google+”, dan “Badge Google+” pada Tata Letak tidak akan tersedia lagi. Semua instance widget ini akan dihapus dari blog Anda.
  3. Tombol +1: Tombol +1/G+ dan link berbagi Google+ di bawah entri blog dan pada menu navigasi akan dihapus.
  4. Perlu diketahui bahwa jika menggunakan template kustom yang menyertakan fitur Google+, Anda mungkin perlu memperbarui template Anda. Harap hubungi supplier template Anda untuk mendapatkan saran.
  5. Komentar Google+: Dukungan untuk komentar Google+ akan dinonaktifkan, dan semua blog yang menggunakan komentar Google+ akan dikembalikan ke menggunakan komentar Blogger. Sayangnya, komentar yang diposting sebagai komentar Google+ tidak dapat dimigrasikan ke Blogger dan tidak akan muncul lagi di blog Anda.

  • Penghentian Google+ API di Blogger :


Tahun 2019 ini tepatnya bulan Maret nanti, google akan melakukan terobosan baru dengan melakukan perubahan dengan menghentikan fungsi Google+ pada akun blogger. Setelah pengumuman penghentian API Google+ yang dijadwalkan pada bulan Maret 2019, maka bagi anda pengguna blogger wajib untuk mengetahui serta mempelajari apa saja yang akan terjadi sebelum ada perubahan pada blogspot anda.

  • Apa saja yang hilang akibat Penghentian Google+ API di Blogger :


Proses integrasi Google+ Blogger ini, akan mengakibatkan munculnya beberapa perubahan pada blogspot anda, terutama bagi pengguna blog gratisan dari blogger. Ada 5 fungsi dan widget di yang tidak akan tersedia lagi jika anda ingin menambahkan fungsinya di blog anda, ke 5 fungsi dan widget tersebut antara lain :

1. Widget Google+
2. Widget Tombol +1
3. Widget Pengikut Google+
4. Widget Lencana Google+ di
5. Komentar Google+

Ke 5 fungsi widget di atas dipastikan tidak akan ada lagi pada layout atau dashboard blogspot anda.

  • Langkah yang harus dilakukan adalah :


1. Menghapus widget dan
2. Mengalihkan komentar ke komentar blogger