Update Terbaru Aplikasi SIMAK BMN Versi 18.3 17 Desember 2018
Update Terbaru Aplikasi SIMAK BMN Versi 18.3 17 Desember 2018

Penjelasan Update Aplikasi SIMAK BMN Versi 18.3 dan Referensi SIMAK BMN Versi 18.2

1. Penyesuaian Menu Normalisasi

Berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) tahun 2017, ditemukan adanya BMN dengan saldo (nilai buku) minus, yang termasuk kategori data tidak normal. Setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, teridentifikasi beberapa kriteria data BMN tidak normal lainnya, misalnya flag SAP kosong sehingga BMN tersebut tidak termasuk klasifikasi intrakomptabel maupun ekstrakomptabel, perolehan ganda, tanggal buku tidak normal, kuantitas kosong atau minus, dan lain sebagainya.

Menindaklanjuti data BMN tidak normal tersebut, dilakukan penyesuaian pada Aplikasi SIMAK BMN versi 18.3 berupa penambahan menu dan submenu terkait normalisasi, serta penyesuaian pada Aplikasi e-Rekon&LK, khususnya menu Daftar BMN untuk menjaring data BMN tidak normal.

2. Penyesuaian Menu Pengembangan BMN Ekstrakomptabel Menjadi BMN Intrakomptabel.

Sesuai dengan ketentuan yang mengatur mengenai BMN, BMN dibedakan ke dalam 2 (dua) klasifikasi, yaitu BMN intrakomptabel dan BMN ekstrakomptabel. BMN intrakomptabel disajikan dalam Laporan BMN Intrakomptabel dan Neraca, sedangkan BMN ekstrakomptabel hanya disajikan dalam Laporan BMN Ekstrakomptabel.

Dalam penggunaannya di lapangan, BMN ekstrakomptabel, khususnya yang berupa Peralatan dan Mesin serta Gedung dan Bangunan dimungkinkan untuk dikembangkan sehingga nilai aset tersebut mengalami peningkatan hingga mencapai nilai satuan minimum kapitalisasi. Pengembangan ini berdampak pada perubahan klasifikasi BMN dari ekstrakomptabel menjadi intrakomptabel.

Pada Aplikasi SIMAK BMN versi 18.2 dan sebelumnya, terdapat ketidaktepatan jurnal yang terbentuk dari transaksi pengembangan BMN ekstrakomptabel menjadi intrakomptabel, di mana Aplikasi SIMAK BMN memperlakukan transaksi tersebut sebagai transaksi reklasifikasi, bukan sebagai transaksi pengembangan. Permasalahan ini telah dilakukan perbaikan pada Aplikasi SIMAK BMN versi 18.3 dan Referensi SIMAK BMN versi 18.2.

3. Penambahan Validasi Penyusutan/Amortisasi Reguler Semester I dan II

Pada aplikasi SIMAK BMN versi sebelumnya, pengiriman ADK SIMAK BMN ke Aplikasi SAIBA bulan Juni dan Desember dapat dilakukan meskipun satker belum melakukan penyusutan/amortisasi reguler semester I dan/atau semester II. Hal ini berdampak pada ketidaktepatan penghitungan beban dan/atau akumulasi penyusutan/amortisasi. Hal ini telah dilakukan perbaikan pada Aplikasi SIMAK BMN versi 18.3, di mana satker tidak dapat mengirimkan ADK bulan Juni dan Desember sebelum melakukan penyusutan/amortisasi reguler. Validasi ini dikecualikan apabila satker hanya memiliki BMN berupa persediaan.

4. Daftar Kode Transaksi Baru Terkait Normalisasi

Mengingat bahwa proses normalisasi atas data BMN tidak normal sebagaimana dijelaskan di atas dimungkinkan memunculkan koreksi nilai BMN, koreksi nilai beban, dan akumulasi penyusutan/amortisasi, maka diperlukan penambahan beberapa jenis/kode transaksi baru pada Aplikasi SIMAK BMN sebagai berikut:

a. Trn 209 = Transaksi Normalisasi BMN
b. Trn 299 = Transaksi Normalisasi BMN (BMN Yang Dihentikan)
c. Trn 190 = Perolehan Hasil Tindak Lanjut Normalisasi
d. Trn 290 = Penghapusan Tindak Lanjut Normalisasi

Untuk download dan mengunduh file update aplikasi BMN terbaru versi 18.3 tanggal 17 Desember 2018 silahkan klik pada link di bawah ini :