Agar Blog Tidak Bisa di Copy Paste
Agar Blog Tidak Bisa di Copy Paste

Trik Ampuh Agar Blog Tidak Bisa Di COPAS - Berawal dari pengalaman omgeri.com yang artikelnya di copy paste (copas) mentah-mentah oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dan dengan alasan samakin banyaknya blog copas merajalela sekarang ini. Saya berkeinginan untuk membagikan sedikit trik, agar teman-teman yang merasa terganggu dengan oknum copas dapat diminimalisir.

Trik untuk menghindari agar blog tidak dapat di copy paste sangat beragam, ini bisa menjadi pilihan bagi anda untuk menerapkannya di blog anda. Namun kebanyakan tips untuk menghindari copy paste lebih mengarah ke halaman postingan saja. Bukannya tidak dapat anda gunakan, namun saran omgeri alangkah baiknya semua isi blog harus dapat diproteksi agar nantinya oknum yang melakukan copy paste artikel benar-benar kapok.

Tutorial Tentang Copas Lainnya : Copas [Copy Paste] Artikel Blog Jadi Inspirasi Penulis

Untuk memproteksi keseluruhan isi blog yang anda miliki kita bisa menggunakan kode atau script CSS yang bisa anda tanamkan di dalam HTML template blog anda. Dengan script CSS yang akan saya bagikan ini memproteksi keseluruhan sumber daya yang ada di blog anda bukan hanya postingan saja seperti yang biasanya blog lain bagikan. Dan juga cara yang kedua adalah dengan memproteksi seluruh blog terkecuali blog dibagian blockquote agar tidak dapat di copas isinya. Blockquote adalah dimana tempat anda menaru file tulisan yang berisi kode script, hal ini biasa digunakan untuk blog yang menyajikan tips trik atau tutorial blogging. Agar semua blog dapat terproteksi kode atau script CSS harus memproteksi bagian Body blog, Untuk penerapannya ikuti langkah berikut ini :

1. Kode Script CSS Agar Semua Isi Blog Tidak Dapat Di Copas (Copy Paste)


Cara pertama adalah memproteksi semua blog, dengan menggunakan script CSS proteksi bagian body blog, langkah-langkahnya sebagai berikut :

  • Masuk pada dashboar blog anda 
  • Pilih Tema
  • Kemudian pilih Edit HTML
  • Cari Kode Berikut " ]]></b:skin> " dengan cara menekan CNTR + F
  • Letakkan kode di bawah ini tepat diatas kode tersebut :

    body{display:block;
    -khtml-user-select:none;
    -webkit-user-select:none;
    -moz-user-select:none;
    -ms-user-select:none;
    -o-user-select:none;
    user-select:none;
    unselectable:on;}

    Untuk kode diatas semua isi blog anda tidak akan bisa di copas, baik itu blockquote sekalipun.

    2. Kode Script CSS Agar Semua Isi Blog Tidak Dapat Di Copas (Copy Paste) Kecuali blockquote


    Namun jika anda ingin agar blockquote tetap bisa di copy, agar nantinya pengunjung dapat mencopy file yang terdapat pada quote maka anda bisa menggunakan cara berikut ini :

    • Masuk pada dashboar blog anda 
    • Pilih Tema
    • Kemudian pilih Edit HTML
    • Cari Kode Berikut " ]]></b:skin> " dengan cara menekan CNTR + F
    • Letakkan kode di bawah ini tepat diatas kode tersebut :

    body{display:block;
    -khtml-user-select:none;
    -webkit-user-select:none;
    -moz-user-select:none;
    -ms-user-select:none;
    -o-user-select:none;
    user-select:none;
    unselectable:on;}
    body blockquote,.post pre,.post code{
    -webkit-touch-callout:text;
    -webkit-user-select:text;
    -khtml-user-select:text;
    -ms-user-select:text;
    -moz-user-select:text;
    }

    Saya menggunakan kode body, agar bukan hanya postingan blog yang tidak dapat diproteksi melainkan semua isi blog. Hal ini saya rasa lebih evektif untuk membuat para copaser bisa kapok. Namun untuk ketahuannya sekuat apapun keamanan pasti ada cara lain untuk melemahkannya, akhir kata tetaplah menjadi penulis sejati yang bekerja keras menulis dan selalu menghargai karya orang lain. Wassalam.