Arti Pentingnya Trafik Organik Pengunjung Google dan Cara Mengetahuinya
Arti Pentingnya Trafik Organik Pengunjung Google dan Cara Mengetahuinya   


Apa itu Trafik Pengunjung Organik Google - Pengunjung organik lebih menguntungkan, semakin banyak pengunjung organik yang mengunjungi blog anda, maka akan semakin berkwalitas blog yang anda miliki. Hampir semua pemilik blog menginginkan pengunjung, namun untuk mendapatkan pengunjung, bukanlah hal yang mudah.

Ada berbagai macam pengunjung dan klasifikasinya, serta dampaknya terhadap blog kita, untuk mengetahui seberapa pentingnya pengunjung organik bagi blog anda. Untuk membahasnya lebih jauh mari kita bahas apa sajakah yang menjadi parameter pengunjung organik di blog anda.

1. Apa itu trafik pengunjung organik google?

Pengunjung organik merupakan pengunjung rill yang berasal dari mesin pencari. Untuk membedakan pengunjung blog yang berasal dari pencarian rill mesin pencari, kita bisa mengetahuianya dengan melihat pada statistik blog pada bagian sumber trafik/pengunjung pada blog kita. Trafik pengunjung organik benar-benar berasal dari trafik pengunjung yang melakukan pencarian dengan kata kunci di mesin pencari. Mereka mengunjungi artikel anda dengan mengklik pada hasil pencarian yang mereka lakukan pada mesin pencari.

Dengan demikian maka artikel yang benar-benar tersentuh trafik organik google  adalah artikel dengan peringkat teratas pada mesin pencari. Dengan berada pada peringkat yang baik pada mesin pencari, maka ada kemungkinan artikel anda mendapatkan klik atau pengunjung rill dari hasil pencarian pada mesin pencari.
Tutorial Blog Lainnya : 2 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog, Paling Sering Diabaikan

2. Kenapa trafik pengunjung organik penting untuk blog kita?

Pengunjung organik menandakan bahwa sumber trafik atau pengunjung blog yang anda dapatkan bener-benar natural, tanpa usaha untuk mengarahkan pengunjung pergi ke blog yang anda miliki. Seberapa pentingnya trafik pengunjung organik buat blog kita? yup, sudah barang tentu artikel yang anda buat benar- benar memiliki kwalitas untuk berada paling atas. Dengan sumber trafik yang natural berasal dari trafik organik atau hasil pencarian kata kunci maka dimata google artikel anda sudah bertengger sebagai artikel rujukan.  

3. Contoh trafik atau pengunjung blog tidak organik antara lain :

Link blog atau artikel yang anda bagikan ke sosial media dan pengunjung yang datang ke blog anda, berasal dari tindakan melakukan klik pada link artikel yang anda bagikan ke sosial media. Samahalnya dengan link reveral, pengunjung juga diarahkan ke blog dengan mengikuti link reveral anda. Bukan berasal dari pencarian kata kunci yang pengunjung lakukan pada kotak seach mesin pencari.
Artikel Blog Lainnya : Contoh Tulisan Blog yang Menarik, ini 9 Kriterianya

4. Cara mengetahui sumber trafik organik di blog 

Cara mengetahui sumber trafik organik bukan hal yang sulit, jik blog anda berplatfrom blogger anda bisa melihatnya pada dashboard blog anda, contoh seperti yang terlihat pada gambar berikut ini :

1. Masuk pada dashboard blog blogspot anda
2. Pilih Statistik blog 
3. Pilih Ikhtisar 
4. Lihat pada menu sumber lalu lintas

Apa itu Trafik Pengunjung Organik Google
Apa itu Trafik Pengunjung Organik Google

Disitu akan kelihatan sumber pengunjung atau trafik yang anda dapatkan, jika terdapat alamat situs google, itu menandakan trafik anda organik atau berasal dari mesin pencari google. Namun jika berasal dari media sosial misalkan facebook dan lain-lain maka itu tidak termasuk trafik organik.