4 Tips Jitu Mengatasi Rasa Jenuh Ketika Ingin Menulis
4 Tips Jitu Mengatasi Rasa Jenuh Ketika Ingin Menulis 

4 Tips Jitu Mengatasi Rasa Jenuh Ketika Ingin Menulis - Menulis adalah faktor utama untuk meningkatkan kinerja blog. Intisari sebuah blog terletak pada mutu tulisan yang disajikan. Perkembangan sebuah blog tidak terletak pada tampilan blog, seberapa besarnya teknik yang diterapkan, bukan itu ya plen! Sebagian besar pengguna blog tidak menyadari bahwa ruh dari blog yang kita kelola adalah terletak pada tulisan. 

Kemampuan untuk menyajikan tulisan yang paling baik dan mudah dimengerti, menjadi pemicu untuk mendatangkan pengunjung blog. Kita bukan dibayar karena keindahan hiasan blog, melainkan  kita dihargai semata-mata karena rutinitas dan kemampuan kita untuk menyajikan tulisan terbaik, yang merupakan hasil karya yang tidak akan pernah terbatas.

Pentingnya tulisan bagi blog memaksakan kita untuk selalu meningkatkan mutu dan selalu konsisten dalam menulis. Namun dalam perjalanannya, yang namanya manusia tidak terlepas dari rasa jenuh. Kejenuhan dalam menulis, tidak bisa kita biarkan berlarut-larut. Pengalaman yang omgeri alami kaitannya dengan dampak dari kejenuhan untuk melahirkan konten-konten yang bermanfaat diblog ini, sangat-sangat berpengaruh dan berdampak negatif, baik itu dari segi traffic pengunjung, maupun menurunnya peringkat pada halaman pencarian.
Tutorial Terkait : Contoh Tulisan Blog yang Menarik, ini 9 Kriterianya
Jika traffic dan peringkat sudah mengalami penurunan otomatis akan berpengaruh juga pada penghasilan kita. Jika anda adalah blogger yang mencari penghasilan tambahan dengan menjadi penyedia iklan, pastinya ini akan merugikan sekali bukan? Nah satu hal terpenting adalah bagaimana kejenuhan itu harus kita siasati, agar nantinya kita dapat selalu konsisten melahirkan konten yang berkwalitas.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini adalah beberapa tips yang akan omgeri bagikan untuk menghilangkan kejenuhan anda ketika ingin menulis.

1. Cari Lokasi Baru Untuk Menulis

Rutinitas yang sering kita jalani secara monoton, kadang kala melahirkan kebosanan. Lokasi atau tempat baru, dapat membuat pikiran kita lebih jernih. Kebiasaan menulis di tempat yang sehari-hari anda jalani misalnya di rumah bisa berakibat fatal untuk kwalitas tulisan yang kita hasilkan. Tempat yang lebih berbeda misalnya menulis diruang terbuka, di warung kopi, di taman dan tempat lain yang lebih berbeda, pasti akan sangat membantu anda untuk lebih semangat lagi untuk menulis. Jika kejenuhan anda datang cobalah berpindah lokasi untuk melahirkan suasana baru yang lebih berbeda.

4 Tips Jitu Mengatasi Rasa Jenuh Ketika Ingin Menulis
Menulis Di Taman 

2. Beristirahatlah Sejenak Jika Capek Ketika Ingin Menulis

Hindari menulis ketika anda merasa lelah atau capek, tubuh kita butuh waktu untuk beristirahat. Istirahat yang cukup menjadikan anda dapat meningkatkan konsentrasi untuk melahirkan tulisan yang lebih inspiratif. Lelah akan mempengaruhi imajinasi kita dalam melahirkan ide untuk menulis. Hindari kebiasaan memaksakan diri anda untuk menulis ketika lelah atau capek, hal ini akan membuat anda terburu-buru dalam menulis, dan tidak akan pernah anda menyelesaikan tulisan dengan maksimal. Ada baiknya anda lebih memilih untuk beristirahat sejenak, kemudian melanjutkan untuk menulis lagi.

4 Tips Jitu Mengatasi Rasa Jenuh Ketika Ingin Menulis
Beristirahat Sebelum Menulis

3. Menulis Sambil Menikmati Secangkir Kopi

Wahhh kalau di bagian ini omgeri banget nih. Menikmati secangkir kopi sambil menulis itu sudah sering saya lakukan. Memanjakan diri dengan mencarikondisi terbaik bisa menambah semangat untuk meningkatkan mud untuk menulis. Adakalanya jika hanya sekedar menulis hambar rasanya kalau tak ada kopi dan cemilan yang menemani. Untuk mengobati suntuk dan kerja keras otak untuk berfikir, ada baiknya selingi dengan menikmati minuman dan makanan ringan, ini akan mengurangi stress anda ketika berfikir, coba aja. Buat anda yang kurang suka kopi, bisa memilih minuman lain yang lebih sesuai dengan selera anda.

4 Tips Jitu Mengatasi Rasa Jenuh Ketika Ingin Menulis
Nikmati Minuman Sebelum Menulis

4. Hindari Menulis Tanpa Kerangka Konsep

Kadang kita selalu mengalami kendala dalam pengembangan tulisan, untuk penentuan judul dan mengembangkannya dalam sebuah tulisan yang komplit, memerlukan strategi penulisan yang baik dan terarah. Untuk memikirkan kata pembuka saja, butuh waktu kan. Nah, ini dia solisanya, jika anda sudah mengambil judul, kembangkan judul tersebut dengan membuat kerangka konsepnya yang harus anda tuangkan dalam sebuh tulisan. Buat dalam bentuk poin per poin, secara khusus untuk menjelaskan apa saja yang berkaitan dengan judul artikel yang ingin anda tulis. Selanjutnya kembangkan poin tersebut kedalam tulisan yang panjang, ini akan menghemat waktu, selain itu tulisan anda juga dapat diatur secara sistimatis dalam hal penyajiaannya.

4 Tips Jitu Mengatasi Rasa Jenuh Ketika Ingin Menulis
Membuat Kerangka Konsep Sebelum Menulis

Kira-kira itu adalah beberapa tips yang om anggap jitu untuk mengatasi rasa bosan ketika ingin menulis. Mulailah menulis karena blog anda tidak akan pernah berkembang, tanpa semangat anda dalam menyajikan tulisan-tulisan yang bermanfaat bagi pengunjung. Selamat mencoba.