Cara Membuat Blog Pribadi Gratis di Blogspot
Cara Membuat Blog Pribadi Gratis di Blogspot

Cara Membuat Blog Pribadi Gratis di Blogspot - Membuat blog bukan lagi suatu hal yang sulit, kita hanya butuh beberapa menit saja, namun berbeda jika kita sebagai pemula. Dulu, saat awal-awal omgeri mengenal dan belajar membuat blog, om benar-benar memulainya dari nol tanpa ilmu dan juga guru yang mendampingi. Saat itu, blog yang omgeri buat gak pernah keurus.

Pasti anda bertanya kenapa bisa ya.... gak keurus? Dengan pengetahuan yang pas-pasan, om benar-benar mengalami kesulitan untuk mengatur tampilan, belum lagi membuat artikel atau tulisan. Namun dengan membaca, semua yang kita rasa sulit akan kita lakukan dengan begitu mudah. 

Dengan berbekal pengetahuan secara otodidak om mengumpulkan semua informasi berupa artikel-artikel yang terkait dengan blog, akhirnya hingga saat semua yang sulit dapat menjadi mudah.

Lewat cerita singkat diatas, omgeri ingin agar pengalaman buruk yang om alami, teman-teman tidak mengalami hal yang sama. Sekian banyak artikel yang om pelajari dan pengetahuan yang om dapatkan selama bergelut didunia blogger/blogging, akan om tuangkan di blog omgeri ini. Tujuannya! agar lebih sistimatis dan mudah dipahami oleh para pemula di dunia blog. Dan tidak membuang banyak waktu untuk hanya sekedar membuat blog. Kita masuk ke pembahasan inti dari artikel ini, cegidot.....!

# Persiapan sebelum mebuat blog di blogspot.com


1. Persiapan teknis sebelum membuat blog di blogger :


  • Email yang masih Aktif beserta paswordnya
  • Semangat yang membara. Hehehehehehehe

2. Langkah menentukan blog apa yang akan kita buat :


  • Menentukan Nama/Judul Blog


Nama blog harus sesuai atau mewakili konsep blog yang akan kita bangun, contohnya jika kita ingin membuat mengisi blog kita dengan tutorial blog, maka om menyarakan, nama dari blog anda harus berisi kata-kata kunci yang masih berkaitan dengan tutorial blog. Misalnya Tutorial Blog Bagi Pemula, Cara Blogger, Artikel Blogger dan seterusnya. Untuk judul blog tidak perlu terlalu panjang, maksimal 3 kata. 

  • Deskripsi atau gambaran singkat tentang Blog yang akan kita buat


Untuk penentuan deskripsi blog anda bisa mengaturnya sesuai konsep/konten blog yang ingin anda. buat. Untuk lebih jelasnya deskripsi blog merupakan penjelasan dari judul blog yang sudah anda targetkan. 

Misalnya untuk Judul Blog : Tutorial Blogger, Deskripsinya : Kumpulan tutorial Blogger Bagi Pemula mulai dari membuat blog hingga mahir.

  • Menganalisis peluang pengunjung


Menganalisis peluang pengunjung sebenarnya bisa beragam. Semakin banyak peminat maka semakin banyak peluang dan pesaing. Misalkan untuk blog yang berisi konten tentang tutorial sudah sangat banyak, hal ini akan berpengaruh pada kualitas artikel yang kita sajikan. Dengan demikian jika anda memilih blog yang mengusung konsep yang sama sudah pasti anda harus siap bersaing menghadapi competitor anda. Nah, jika anda ingin memilih aman dan besar peluang namun minim pesaing, omgeri sarankan agar kalian memilih konsep yang minim pesaing, dan lebih spesifik konten yang ditargetkan. Misalnya kalau anda memilih judul blog tentang Tutorial Facebook. Mungkin Kompetitornya tidak terlalu banya. Konten yang anda muat didalam blog anda harusnya tidak keluar dari judul blog anda, isi artikel yang bermanfaat sesuai niche atau judul blog anda. Misalkan tutorial facebook, artikel didalamnya berupa cara membuat facebook, membuat status di facebook dan seterusnya. Om sangat yakin blog yang anda bangun akan berkinerja baik.

# Cara Membuat blog Pribadi Gratis di Blogspot.com atau Blogger


Jika Persiapan sebelum mebuat blog di blogspot.com sudah anda lakukan, anda siap untuk melanjautkan ke tahap berikutnya yaitu membuat blog di blogspot.com atau blogger. Siapkan email aktif anda, jika telah anda siapkan ikuti langkah-langkah dibawah ini :

  • Masuk ke alamat https://blogger.com
  • setelah masuk di blogger akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini : pilih akun atau email anda untuk login. Pada contoh gambar omgeri memakai email membuatblogbarupemula@gmail.com , email ini baru om buat, untuk kebutuhan artikel ini.

Cara Membuat Blog Pribadi Gratis di Blogspot
Gambar 1 - Cara Membuat Blog Pribadi Gratis di Blogspot

  • Selanjutnya masukkan pasword email anda 
  • Kemudian Pilih Berikutnya 
Cara Membuat Blog Pribadi Gratis di Blogspot
Gambar 2 - Cara Membuat Blog Pribadi Gratis di Blogspot

  •  Jika email anda adalah email baru seperti punya om, maka akan muncul tampilan seperti gambar 3 dibawah ini. Jika email baru maka belum terkoneksi ke google+, jadi agar lebih baik akun blognya anda harus memilih buat profil google+


Cara Membuat Blog Pribadi Gratis di Blogspot
Gambar 4 - Cara Membuat Blog Pribadi Gratis di Blogspot

  • Berikutnya anda akan diarahkan untuk membuat profil google+, masukkan semua sesuai kebutuhan dan keinginan anda untuk nama 
  • Kemudian pilih buat profil

Cara Membuat Blog Pribadi Gratis di Blogspot
Gambar 5 - Cara Membuat Blog Pribadi Gratis di Blogspot

  • Jika langkah pembuatan profil google+ selesai, anda akan diarahkan untuk lanjutkan ke blogger

Catatan : Jika email yang sudah memiliki profil google + biasanya langsung ke tahap seperti gambar 6 di bawah ini, setelah memasukkan email dan pasword pada langkah di gambar 2

  • Kemudian pilih lanjutkan ke blogger 


Cara Membuat Blog Pribadi Gratis di Blogspot
Gambar 6 - Cara Membuat Blog Pribadi Gratis di Blogspot

  • Perhatikan Gambar 7 di bawah ini ada 2 pilihan anda bisa pilih salah satu untuk memulai membuat blog anda. 

Cara Membuat Blog Pribadi Gratis di Blogspot
Gambar 7 - Cara Membuat Blog Pribadi Gratis di Blogspot

  • Pada langkah terakhir sesuai gambar 8 dibawah ini anda wajib memperhatikan ulasan om di bagian atas pada poin 2 yaitu tentang Langkah menentukan blog apa yang akan kita buat :, agar anda tidak salah dalam penentuan judul.
  • Masukkan judul blog anda 
  • Masukkan juga alamat url blog anda pada kolom yang tersedia 
  • pilih Buat Blog

Cara Membuat Blog Pribadi Gratis di Blogspot
Gambar 8 - Cara Membuat Blog Pribadi Gratis di Blogspot
Sampai disini anda telah berhasil membuat blog, selanjutnya omgeri akan membahas lagi lebih jelas mengenai cara membuat postingan di blog dan mendesain blog. Trimakasih sampai jumpa di artikel berikutnya. Wassalam