2 Cara Merubah Word dan Excel ke PDF Tanpa Software
2 Cara Merubah Word dan Excel ke PDF Tanpa Software
2 Cara Merubah Word dan Excel ke PDF Tanpa Software - Microsoft Office merupakan software pendukung yang dikembangkan oleh Microsoft untuk memenuhi kebutuhan dokumen kerja perkantoran. Microsoft Office sendiri telah dikembangkan dan memberi dampak postif bagi penggunanya. Hingga kini, pengguna yang dulunya menyelesaikan pekerjaanya dengan menulis secara menual menggunakan kertas, kini dapat dengan mudah membuat dokumen dalam jumlah banyak dan dalam waktu penyelesaian yang evektif, selain itu dokumen-dokumen tersebut dapat disimpan dengan rapi dan dapat digunakan kapanpun jika pengguna tersebut ingin menggunakannya kembali.

Microsoft Office memiliki beragam sub software yang memiliki fungsi yang berbeda-beda satu dengan lainnya, namun yang paling familiar yang sering kita gunakan adalah Microsoft Word Document (Word) dengan ektensi file ".docx" dan Microsoft Excel Worksheet (Excel) dengan ektensi filenya ".xlsx"

Microsoft Office dalam pengembangannya selalu melakukan perubahan, untuk melengkapi softwarenya agar lebih memudahkan pekerjaan penggunanya. Salah satu yang telah dikembangkan yaitu dengan adanya kemudahan bagi pengguna untuk melakukan perubahan file word ke pdf dan excel ke pdf.  Dulu sebulumnya untuk converter file word dan excel ke pdf masih memerlukan software convert pembantu, namun sekarang sangat mudah kita lakukan langsung pada software Microsoft Office word dan excel yang kita jalankan.
Tutorial TerkaitCara Membuat dan Mengatur Tabel (Table) di Word
Untuk mengetahui lebih jauh bagaimana cara merubah file word dan excel ke pdf, omgeri akan membagikan caranya dan yang pasti proses converter perubahannya yang akan kita lakukan tidak menggunakan software pembantu.

"Cara convert atau mengubah file word dan excel ke pdf, caranya tetap sama. Contoh yang saya jabarkan dibawah ini adalah cara merubah file dengan menggunakan contoh dokumen word ke pdf, namun jika anda ingin merubah file lembar kerja di excel maka menunya tidak berbeda ya, lakukan seperti halnya yang kita lakukan di word, pilihan menunya tetap sama".

1. Cara Merubah / Convert Dokumen Word dan Excel ke PDF Melalui Menu Export

Cara yang pertama untuk merubah file dokumen word dan excel ke pdf melalui menu export file, caranya antara word dan excel tetap sama seperti penjelasan yang saya tandai warna merah di atas, contoh yang saya jabarkan dibawah ini adalah cara merubah file dokumen word ke pdf namun jika anda ingin merubah file lembar kerja di excel maka menunya tidak berbeda ya, lakukan seperti cara di bawah ini :

  • Masuk Pada Menu File


  • Pilih Export
  • Pilih Create PDF/XPS Document
  • Pilih Ikon Create PDF/XPS
  • Pilih Save

2. Cara Merubah / Convert Dokumen Word dan Excel ke PDF Menggunakan Menu Save As

Cara yang kedua ini untuk merubah file dokumen word dan excel ke pdf melalui menu save as file, caranya antara word dan excel tetap sama seperti penjelasan yang saya tandai warna merah di atas, contoh yang saya jabarkan dibawah ini adalah cara merubah file dokumen word ke pdf namun jika anda ingin merubah file lembar kerja di excel maka menunya tidak berbeda ya, lakukan seperti cara di bawah ini :

  • Masuk Pada Menu File


  • Pilih Save As
  • Pilih Computer
  • Pilih Ikon Brouse


  • Pilih Save As Type dengan memilih file PDF 
  • Pilih Save


Demikian cara merubah word dan excel ke PDF tanpa software semoga bermanfaat.