5 Keutamaan Sabar Dalam Islam Menurut Hadits
5 Keutamaan Sabar Dalam Islam Menurut Hadits
5 Keutamaan Sabar Dalam Islam Menurut Hadits - Berikut ini adalah keutamaan Sabar dalam islam, menurut beberapa hadits menggambarkan bagaimana perilaku kita sebagai Muslim untuk bersabar. Kadangkala kita sebagai manusia, untuk bisa bersabar sangatlah sulit, namun jika kita mengetahui keutamaan dari kesabaran yang kita jaga, Insya Allah kita akan senantiasa menjaga diri kita untuk selalu bersabar
Artikel Islam Terkait : Anda Muslim Jangan Remehkan Undangan Pernikahan 
Sabar yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW bukan hanya sekedar sabar saja, kadangkala manusia bila tertimpa musibah, mereka bersabar namun hati kecil mereka tidak mengimplementasikan rasa sabar yang sebenarnya, sesuai anjuran dari Rasulullah SAW. Beberapa hadits dibawah ini semoga menjadi pegangan bagi kita :

  1. Sabar adalah separo iman dan keyakinan adalah seluruh keimanan. (HR. Ath-Thabrani dan Al-Baihaqi)
  2. Tidak ada suatu rezeki yang Allah berikan kepada seorang hamba yang lebih luas baginya daripada sabar. (HR. Al Hakim)
  3. Sabar yang sebenarnya ialah sabar pada saat bermula (pertama kali) tertimpa musibah. (HR. Bukhari)
  4. Ada tiga hal yang termasuk pusaka kebajikan, yaitu merahasiakan keluhan, merahasiakan musibah dan merahasiakan sodaqoh (yang kita keluarkan). (HR. Ath-Thabrani)
  5. Orang yang bahagia ialah yang dijauhkan dari fitnah-fitnah dan orang yang bila terkena ujian dan cobaan dia bersabar. (HR. Ahmad dan Abu Dawud)

Dari Hadits di atas menggambarkan betapa besarnya nilai kesabaran, hingga Rasulullah SAW memberikan perumpamaan sabar sebagai separo dari iman. Bukan hanya itu, Allah menjanjikan ummatnya, jika dapat bersabar maka rezekinya akan terbuka lebar untuknya.
Artikel lainnya : Keberhasilan Selalu Diawali Dengan Usaha dan Doa
Memang Manusia tidak akan pernah terlepas dari musibah, namun jika kita tertimpa musibah, kita dituntut pada saat itu juga untuk bersabar, karena nilai kesabaran kita akan diukur pada saat atau waktu dimana kita tertimpa musibah.